Friday, October 21, 2011

Proses Rotogravure Tahap Akhir

Proses pembuatan tabung cetakan rotogravure tahap akhir
Proses selanjutnya setelah tabung terlapisi tembaga adalah dilakukan pengamplasan tabung yg terlapisi tersebut dengan menggunakan amplas. Proses ini berguna untuk meratakan dan membersihkan lapisan tembaga yang menempel pada tabung selinder besi. Setelah tabung tersebut diamplas bersih dan merata maka selinder tersebut siap untuk dilakukan penempelan gambar ataupun objek yang akan dibuat . Proses ini harus dilakukan pada ruang yang tertutup dan benar-benar bersih dari debu, sehingga tidak mengotori serta menoreh selinder yg dibuat.
1. bersihkan selinder tersebut dengan menggunakan alhokol dan tissue , dan pastikan selinder tersebut benarpbenar bersih dan tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel.
2. Setelah benar-benar bersih oleskan cairan TPR 206-L pada permukaan tabung, cairan TPR 206-L ini berfungsi sebagai emulsi.
3. Setelah benar-benar merata dan kering maka selanjutnya dilakukan penempelan film/gambar yang terbuat dari mika tersebut dan lakukan penyinaran pada tabung yang telah tertempel film mika tersebut ( perlu diingat , hal ini dilakukan dalam keadaan tabung selinder berputar terus , sehingga proses penyinaran menjadi merata.
4. Setelah beberapa waktu dan yakin bahwa penyinaran tersebut benar-benar cukup, bersihkan tabung tersebut dengan mencuci dan menyiramkan tabung tersebut dengan cairan FERIDCLORIDA . sehingga pada tabung tersebut akan membentuk pori-pori sesuai dengan gambar objek yang diinginkan. Saya rasa pengetahuan tentang Rotogravure ini telah saya jelaskan , dan mudah-mudahan sedikit tulisan ini dapat membantu. 

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Hosting Unlimited Indonesia

Labels

rotogravure (12) plastic (11) cylinder (10) packaging (10) design (9) kantong (8) kemasan (8) polybags (8) printing (8) ptinting (2) sablon (2) p (1) silk screen (1)